Wartawan Online Bisa Nge-Blog itu Penting Loh


Di zaman modern ini, istilah jurnalisme cyber atau jurnalistik online sudah banyak diketahui secara luas dan memainkan peranan penting dalam dunia jurnalistik.

Pengertian jurnalistik online menurut Asep Syamsul Romli di buku nya Jurnalistik Online, menyebutkan bahwa jurnalistik online terkait banyak istilah, yakni jurnalistik, online, internet, dan website.

Karena jurnalistik online ini merupakan 'generasi baru' jurnalistik setelah jurnalistik konvensional  dan jurnalistik penyiaran, maka ini penting bagi para wartawan untuk meningkatkan skill nya dibidang ini. Terlebih lagi bagi wartawan online.

Salah satu cara sederhana nya adalah dengan blog. Kengapa wartawan online harus nge-blog?

Blog singkatan dari web log adalah aplikasi web menyerupai tulisan-tulisan (yang dimuat sebagai posting) pada sebuah halaman web umum.

Siapapun yang punya akses internet bisa membuat blog. Gampang banget malah. Modal nya cuma email, lalu membuka situs-situs penyedia blog gratis, seperti blogspot.com dan multiply.com.

Nah, secara sadar atau tidak saat nge-blog, kita sebagai pengguna blog sudah menjadikan blog kita sebagai medium komunikasi massa online.

Dari nge-blog, kita memulai bagaimana cara 'merekam' dan menceritakan peristiwa sehari-hari yang kita alami disekitar. Meskipun terkesan seperti online diary, namun jika mengacu pada makna dasar jurnalistik yaitu laporan harian atau catatan harian, maka blog yang merekam peristiwa sehari-hari pun bisa disebut sebagai karya jurnalistik. Simpel kan.

Ini penting bagi wartawan online untuk mempelajari dan meningkat kan skill nge-blog. Karena dari nge-blog ini lah wartawan akan belajar bagaimana cara menyajikan informasi online yang baik dan sesuai bagi masyarakat khusus nya di ranah media online.

Soalnya media online mempunyai keunikan tersendiri dibandingkan media lain. Contoh nya seperti bagaimana kita bisa meringkas isi informasi yang kita punya tanpa menghilangkan poin-poin penting nya, supaya mudah dipahami juga tidak terlalu panjang dan membosankan jika dibaca.

Yang lain nya seperti bagaimana kita mendesain tampilan informasi kita, supaya pembaca tertarik dan enak dipandang.

Sederhana kan? Yuk, kita mulai ngeblog! ^^

Related Post



Posting Komentar